Minggu, 22 Januari 2012

Dreams

I realized the meaning of DREAM after I.. -friend-

yap, tadi itu merupakan quote awalan untuk membuka postingan kali ini *enak
jadi yoo titik-titik itu bisa kamu isi sendiri. kalo aku sih, aku baru menyadari arti sebuah impian setelah aku mendengarkan banyak cerita dari orang lain :)

1. Membahagiakan Orangtua
there was a friend who says, dia merasa 'salah'. orangtuanya mengharapkan dia masuk ke A, tapi dia ngga pengen itu. ada jurusan lain yang udah jadi impiannya. tapi setelah ngeliat orangtuanya sangat bangga kalo dia masuk ke jurusan A, dan orang di sekitarnya juga sangat support, akhirnya dia memutuskan untuk berusaha sebisa yang dia bisa untuk masuk ke jurusan A. dia sebenernya bisa saja asal-asalan dalam mengikuti tes ke jurusan A, tapi dia merasa bersalah sama orangtuanya kalo dia melakukan itu. Jadi di aberusaha sebaik mungkin, kalo ga diterima ya udah, yang penting dia udah usaha sungguh-sungguh. such a classic story but has a deep meaning in it.

2. Maunya disana, tapi engga boleh
jadi ceritanya dia ini mau masuk ke universitas A. Universitas A ini terkenal bagus banget, tapi di  luar kota. Orangtuanya ga mengizinkan karna berat sama biaya hidup dia selama di luar kota. ngekos, spp kuliah, belum lagi kal operlu buku atau sembarang kaler. Dia baru boleh kuliah ke luar kota kalau dia masuk ke universitas yang kuliahnya dibayari negara *yo ngerti kan maksudku. kalo dia ga bisa masuk situ, dia harus kuliah di Malang. Padahal sebenernya dia pengen banget kuliah di Universitas A, tapi sekali lagi, dia ga bisa melawan.


both are classical story. but, dari cerita itu aku jadi merasa bahwa, wow, everybody has a dream, but not all of them can reach their dream.

how about myself ?
well, aku punya impian buat nolongin anak-anak seperti kasus diatas :)
kalo mereka punya kesulitan berbicara sama orangtua mereka, aku pengen jadi 'jembatan' mereka.
kalo mereka punya sesuatu yang ga bisa mereka ungkapkan ke orangtua mereka, aku pengen membantu mereka.
kalo orangtua punya suatu harapan dengan maksud baik tapi susah ngomong ke anaknya, aku pengen jadi 'messenger' mereka.
kalo ada yang ga semangat, aku pengen jadi penyemangatnya.
kalo ada yang butuh bantuan, aku pengen membantu mereka.
kalo ada yang pesimis, aku pengen memberi mereka kekuatan supaya mereka optimis
kalo ada yang punya impian, aku pengen membantu mereka menggapai impiannya.
pekerjaan apa yang cocok buat aku? ya, aku pengen jadi psikolog seperti ibuku :)

sayangnya..
ibuku lebih menghendaki aku jadi dokter. Ibu ga pengen aku masuk psikologi karna menurut ibu, psikologi itu dasar ilmunya ga kuat. kalo jadi dokter, aku bisa ambil psikiatri dan belajar psikoterapi dari ibuku. Ibuku terlihat sangat ingin aku jadi dokter.
Ibu mengizinkan aku kuliah dimana aja aku mau, asalkan aku berjuang buat jadi dokter. aku udah berusaha menolak teman, tapi akhirnya aku luluh. oh jadi ini ya yang dirasakan temen-temen yang udah berbagi cerita sama aku
aku luluh, dan akhirnya akupun bertekad untuk jadi dokter. Ibu bahkan sudah menyiapkan semuanya supaya aku jadi dokter. aku jadi mikir-mikir kenapa aku pengen jadi psikolog

alasan aku pengen jadi psikolog
1. aku pengen seperti ibuku
2. kuliah psikologi itu sepertinya.. ga terlalu berat buat aku
3. aku tertarik sama ilmu-ilmu 'mengenali' manusia kaya gitu
4. sepertinya itu aja

setelah aku pikir-pikir apa yang aku dapet kalo aku jadi dokter
1. prospek ke depanku jelas
2. well, aku sebenernya nunggu-nunggu saat jadi co-ass. seru aja gitu semua departemen kedokteran dicoba
3. di kedokteran juga dipelajari ilmu psikologi.
4. kalo aku ambil kedokteran trus ambil psikiatri, ilmuku lebih banyak
5. aku bertekad mengubah citra psikiater yang kadung jelek (bisanya cuma ngasih obat), jadi psikiater yang unyu
6. aku membahagiakan kedua orangtuaku
7. aku bisa merawat keluargaku kalo sakit

begitulah kawan.
setelah menimbang dan memilih, akhirnya aku putuskan untuk jadi dokter :)
aku inget kata-kata mbak-mbak dari SSC

"Tuhan itu berbicara sama kita lewat banyak hal. Lewat orangtua, temen, pacar, dan lain-lain. Kalo orangtuamu ga mengizinkan kamu disitu, mungkin saat itu Tuhan sedang membelokkan kamu supaya kamu mendapat yang jauh lebih baik dari itu."

yah. semoga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar