Sabtu, 12 Januari 2013

jadi dokter

jadi begini
awalnya aku nggak pengen masuk jurusan pendidikan dokter. aku ini tipenya orang yang sangat enikmati hidup yang diberikan oleh Tuhan. please, masuk FK iku jelas-jelas ngurangi waktuku untuk bersenang-senang. mungkin hal ini juga dirasakan sama teman-teman sejawat yang pada awalnya gak pengen masuk FK.
 pada awalnya aku pengen masuk jurusan psikologi. tapi atas desakan ibuku, beliau pengen aku masuk FK karna beliau bilang otakku mampu. seng genah ae bro, pikirku saat itu

akhirnya aku mengikuti tes masuk fakultas kedokteran dengan hati hampa dan entah kenapa bisa masuk juga. mungkin udah takdirku ya. tapi ada satu hal yang aku tanamkan dan menancap dalam hati

aku harus tetap enjoy dengan semua ini, gimanapun caranya

nah akhirnya setelah melewati masa ospek yang melelahkan (meskipun udah gak ospek, jadi MABA itu gak pernah gak capek), aku mulai terbiasa sama rutinitas di FK. kalo ada orang bilang anak FK itu harus tekun, harus sering baca, itu bener banget. kalo aku pribadi sih, aku baca yang aku penasaran aja. selebihnya? materi dosen adalah kitab suci. jujur aku akuin, aku bukan anak yang rajin.  aku juga bukan tipe anak yang setiap ada waktu nganggur baca buku, atau ke perpus cari literatur, no. aku bukan tipe anak kayak gitu. waktunya istirahat ya istirahat. bahkan aku iki turuan. dimanapun itu kalo aku ngantuk, yasudah tidur.

berhubung aku tipe orang yang suka belajar SKS, aku punya prinsip lagi. boleh saja SKS, asal pas dosen ngasih materi, aku bener-bener mendengarkan dan harus paham SAAT ITU JUGA. dan wow metode ini efektif sekali. meskipun ga terlalu efektif untuk mata kuliah histologi karna... apanya yang mau dipahami ._.

setelah aku jalani semuanya.. ternyata seru juga :D
kendala? banyak lah. salah satunya adalah karna aku saat ini ada di pondok / asrama. jadi kalo biasanya jam 6 abis magrib busa tidur trus bangun jam 9 dan belajar sampe jam 12, sekarang enggak. jadi pulang kuliah paling sore jam 4, trus balik ke asrama dengan segala cucian yang numpuk dan waktu yang sangat sedikit, jam 6 harus udah turun lagi untuk kegiatan sampai jam 8. nah, baru jam 8 itulah bisa bebas mau ngapain aja. tapi biasanya jam segitu bawaannya udah mau tiduuurr aja. apalagi kalo besoknya ada tutorial atau pleno. wah bisa-bisa jam 9 baru balik ke kamar. trus waktu mau baca-baca, eh tiba-tiba jadi bantal dah tuh Guyton :v

yang paling sering terjadi adalah, aku jam 9 tidur dulu trus BERENCANA bangun jam 11 untuk belajar. tapi rencana sekedar rencana. pas udah tidur, bangun-bangun udah jam 3 dan harus siap-siap buat sholat jamaah. so good.
 jadi satu-satunya cara supaya ga ketiduran adalah.. ya gak tidur. aku jadi pengonsumsi kopi aktif sejak SMA. gapapa lah, bikin omset Good Day dan Nescafe meningkat apa salahnya sih.

ya tapi aku akan berusaha gimana caranya aku harus tetap bisa adaptasi. karna seperti anak SD, aku sekolah 6 tahun. dan menurutku, dokter adalah profesi yang bukan main-main.

buktinya lihat aja lambang kedokteran. ada ularnya kan? itu berarti dokter itu sama dengan bisa ular. bisa menyembuhkan kalo dengan dosis yang tepat, tapi juga bisa membunuh. serem banget kan?

kalo ibuku bilang sih, dokter itu perpanjangan tangan Tuhan. Mulia sekali kan? dan apakah kita bisa main-main dengan profesi yang mainannya sama nyawa itu? emang nyawa bisa dibikin mainan? enggak kan?

jadi intinya... ya.. here I am :)

1 komentar:

  1. "berhubung aku tipe orang yang suka belajar SKS, aku punya prinsip lagi. boleh saja SKS, asal pas dosen ngasih materi, aku bener-bener mendengarkan dan harus paham SAAT ITU JUGA"

    setuju ~~

    BalasHapus