Jumat, 23 November 2012

The New Me

wah udah lama banget aku ga nulis di blog. iya he, gak sempet. iki gak sok sibuk tapi beneran. terkahir postinganku adalah aku pengen cepet-cepet kuliah dan sekarang udah hampir 2bulan lebih kuliah. Time goes fast.
jadii aku mau cerita-cerita sedikit tentang kuliahku. ternyata dan ternyata emang BERAT HE. iya, kuliah itu gak segampang SMA. di SMA kamu bakal bisa:


  • ngerjain PR pagi-pagi, nyontek temen, di hari deadline (bahkan mungkin pas gurunya baru masuk juga kamu masih bisa ngerjain)
  • bolos tanpa ada beban, karna materi yang kamu lewati pasti bakal diulang lagi dan kamu gak butuh materi itu
  • nyari sumber buat ngerjain PR darimana aja. dari blog, dari apapun yang kamu nemu di google atau wikipedia
  • tugas makalah? tinggal copas trus diganti-ganti dikit. daftar pustaka? yo tinggal situs tempat kamu nemu bahan itu kamu copas ke situ.
  • nilai? halah kamu pasti dikasih nilai. kalo nilaimu kosong, kamu yang dikejar-kerjar sama gurumu.
  • pake seragam. gak bingung baju. gampang toh? semua senang
sedangkan di kuliah kamu bakal bisa

  • ngerjain PR pagi-pagi, nyontek temen, di hari deadline (bahkan mungkin pas gurunya baru masuk juga kamu masih bisa ngerjain) -> GOLEK MATI A? THERE'S NO TIME TO DO THAT. PR mu itu makalah, modul, jurnal reading, laporan, dan semuanya GAK AKAN SELESAI dalam waktu semalem
  • bolos tanpa ada beban, karna materi yang kamu lewati pasti bakal diulang lagi -> KON BERCANDA A? hee kalo kamu bolos, nggak bakal ada pengulangan materi, DAN yang paling penting adalah penjelasan dosen itu PASTI keluar pas ujian. dan percayalah, waktu kuliah KAMU lah yang bakal ngejar materi itu karna kamu BUTUH.
  • nyari sumber buat ngerjain PR darimana aja. dari blog, dari apapun yang kamu nemu di google -> WIKIPEDIA? HAHAHA. waktu kamu kuliah, wikipedia dan blog GAK BAKAL bisa kamu pake. nggak boleh ambil sumber dari situ karna sumbernya gak valid. harus dari jurnal, skripsi orang, textbook, atau sumber yang tepercaya
  • tugas makalah? tinggal copas trus diganti-ganti dikit. daftar pustaka? yo tinggal situs tempat kamu nemu bahan itu kamu copas ke situ -> copas mbah e. sumbermu? gak bisa asal-asalan
  • nilai? halah kamu pasti dikasih nilai. kalo nilaimu kosong, kamu yang dikejar-kerjar sama gurumu. gak nggarap tugas gakpopo -> hei, kamu ngerjain tugas aja loh belum tentu dapet nilai :) *kalem
  • pake seragam. gak bingung baju. gampang toh? semua senang -> gak mungkin kan kamu kuliah pake baju yang sama tiap hari? ya, harus lebih rajin nyuci.
masih pengen kuliah dek? masih mau bilang kalo enakan kuliah daripada sekolah?

tapi waktu aku kuliah ini aku belajar banyak. dulu kalo pas sekolah, temen-temen yang aku temuin semuanya homogen. mirip-mirip. kepribaidan mereka hampir sama kaya aku, karna asalnya sama. dan kita emang udah dari kota yang sama, se-pemikiran, sama-sama masih labil, belum dewasa semua, masih cuma taunya seneng-seneng. sedangkan kuliah?


yang tengah itu namanya Adym. dia lagi ulangtaun :p



ini di asramaku. mau tau asramaku kaya apa?
ya, ini emang apartemen
kelompok tutorial :3
aku nggak ada foto satu angkatan. belum minta ._.

nah, jadi temen-temen yang aku temui sekarang itu semuanya GAK ADA YANG SAMA. serius. kuliah itu, jangan kaget kalo nanti temen seangkatan kita ada yang umurnya udah 20 tahun, ada yang masih 16 tahun, semuanya beragam. kepribadian mereka semua juga beragam. culture nya juga beda. mereka semua unik, nggak ada yang sama. oh ya kalo ada yang belum tau aku kuliah dimana, aku di Universitas Islam Malang. 

temen-temenku wow semua. ada yang dari Tarakan, Jakarta, Samarinda, Balikpapan, Jember, Tulungagung, Pasuruan, mereka datang dari berbagai tempat. dan yang dari Malang? cuma 4 orang ._.
jadi bener-bener keliatan banget beda kita. budaya kita. cara kita ngomong, logat, oh ya aku ada cerita lucu. 

jadi kan temenku ada yang ga bisa bahasa Jawa, dia cowo asalnya dari Tarakan, sebut saja R. nah waktu di kelas, si R ini dikerjain sama temen-temenku yang semuanya orang jawa. 

A (cowo jawa) : hei R, kamu suka sama si T (orang jawa, cewe) kan? kamu coba sms dia 'aku sayang kamu' pake bahasa jawa.
Z (cewe jawa juga) : iyaa R. coba kamu sms dia
R: emang bahasa jawanya apaan? *ngeluarin hape, siap sms
A: bahasa jawanya sayang itu 'KEPET'

buat yang orang Jawa, terutama Jatim, pasti tau kepet itu apa.

R: *bingung* loh tapi kayanya kasar gitu?
Z: itu nggak kasaaaarr. itu artinya sayang.
A: iya coba kamu sms si T. 'T kepet, ayo NGESENG'

ya. kalo belum tau ngeseng itu apa, ngeseng itu eek.

Z + A dan teman-teman lain: *NGAKAK*
R: *kebingungan* loh kayanya kasar deh itu
A: ora ora. wes ta kamu sms dia gitu ajaaaaaaa
R: ah ngga mau. kayanya aku diboongin deh. itu pasti kasar ya?
Z + A dan temen-temen lain: *ngakak semakin kenceng*

jangan ditiru ya. 

iya jadi kaya gitu, kalo ditanya kuliah itu seru apa nggak.. ya tergantung kalian menikmatinya gimana. seru sih seru aja kalo menurutku. tapi emang menurutku, kuliah itu butuh tenaga ekstra (dan setiap hari butuhnya) daripada waktu kita sekolah. siap-siap aja kamu cuma tidur 2-3 jam perhari. 4 jam itu cukup banget. 5 jam sujud syukur. 6-8 jam? nggak nggarap tugas berarti. hahaha gak gak guyon rek

di kuliah aku belajar, kalo kita pengen sesuatu, harus bener-bener usaha mendapatkannya. nggak bisa cuma ongkang-ongkang kaki trus yang kita pengen itu dateng atau terjadi sendiri. usahanya harus bener-bener, nggak bisa main-main. karna inget, dosen nggak butuh nilai. bahkan kadang bisa males ngasih nilai. nggak percaya? ya gakpapa sih ._.

yang paling penting adalah, aku belajar dewasa. jujur aku waktu SMA labil banget, sekarang setelah kuliah dan merasakan semuanya, aku masih tetap labil.
huahahahaha gak gak rek. tapi beneran loh, jangan dikira mahasiswa itu dewasa. nggak. inget, umur nggak menentukan kedewasaan. klasik emang, tapi ketika kamu kuliah maka kalimat klasik itu bener-bener terbukti.

ya aku ngomong ngene sok tua. padahal yo sek 17 taun. wkwk

jadi intinya.. selamat berjuang buat adek-adekku kelas 3 SMA yang lagi siapsiap ujian. inget yaa, nggak boleh ngeluh. itu tok. kalo pengen kuat, jangan mengeluh. ngeluh itu bikin tambah capek. dan buat temen-temenku yang lagi kuliah.. ayo kita semangat rek ! IPK 3++ dan lulus gak telat, dan kalo lulus ntar dapet kerjaan yang terbaik, dan akhirnya DAPET JODOH YANG TERBAIK JUGA. AMIN.

loveyou teman teman :*

2 komentar: